Rekomendasi Obat Sakit Gigi Berlubang yang Alami

Sakit gigi atau gigi berlubang adalah masalah gigi dan mulut yang kerap dialami oleh berbagai kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Kondisi ini dapat terjadi karena adanya penumpukan plak gigi yang berasal dari sisa-sisa makanan yang mengandung gula dan pati. Jika tidak dibersihkan, plak tersebut akan diubah oleh bakteri alami menjadi asam. Zat asam inilah yang dapat merusak enamel dan membuat gigi berlubang.

Pada kebanyakan kasus, karies gigi tidak menimbulkan rasa nyeri. Namun, rasa nyeri dapat muncul jika lubang pada gigi telah membesar dan mulai memengaruhi saraf. Untuk membantu meredakan rasa nyeri tersebut, berikut adalah sejumlah rekomendasi obat alami sakit gigi berlubang yang dapat digunakan.

Garam

Rekomendasi obat sakit gigi berlubang yang pertama adalah air garam. Bahan alami ini diketahui dapat membantu mengurangi peradangan pada gusi serta membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi yang dapat menjadi media pertumbuhan bakteri di dalam rongga mulut. Untuk menggunakannya, cukup larutkan satu sendok teh garam pada segelas air hangat. Lalu, berkumurlah menggunakan air garam tersebut sebanyak 3–4 kali hingga rasa nyeri pada gigi berlubang mereda.

Minyak Cengkeh

Kandungan eugenol pada minyak cengkeh merupakan salah satu senyawa antiseptik alami sehingga dapat membasmi bakteri penyebab gigi berlubang di dalam mulut. Selain itu, minyak cengkeh juga dapat membantu meredakan peradangan pada gusi serta mengurangi rasa nyeri yang muncul akibat gigi berlubang. Obat sakit gigi berlubang ini dapat digunakan melalui langkah-langkah berikut ini.

Mencampurkan 2–3 tetes minyak cengkeh dengan ¼ sendok teh minyak biji wijen.
Mencelupkan kapas atau cotton bud pada campuran minyak tersebut, lalu oleskan pada gigi yang berlubang. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, gunakan obat sakit gigi berlubang ini pada malam hari sebelum tidur.

Daun Jambu Biji

Cara meredakan sakit gigi berlubang yang alami berikutnya adalah dengan memanfaatkan daun jambu biji. Pasalnya, daun jambu biji diketahui mengandung senyawa antibakteri yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab gigi berlubang. Penggunaan bahan alami ini pun terbilang praktis, Anda dapat langsung mengunyah daun jambu biji yang telah dibersihkan atau merebusnya terlebih dahulu untuk dijadikan sebagai obat kumur.

Daun Sage

Daun sage merupakan salah satu bahan herbal yang dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi berlubang. Daun sage mengandung 3% minyak atsiri, seperti thujone, cineole, pinene, dan kamper yang dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri di dalam rongga mulut. Selain itu, daun sage juga mengandung tanin, flavonoid, dan asam organik yang tinggi sehingga dapat membantu meredakan bengkak dan nyeri pada gusi yang kerap menyertai sakit gigi berlubang.

Baca Juga : Punya Bekas Luka di Kaki? Ini 9 Cara Menghilangkannya

Daun Peppermint

Salah satu rekomendasi obat sakit gigi berlubang yang mudah ditemukan adalah daun peppermint. Bahan herbal ini kaya akan mentol dan asam askorbat yang memiliki sifat analgesik, antiinflamasi, dan bakterisidal sehingga mampu meredakan peradangan pada gusi dan menghambat pertumbuhan bakteri pada rongga mulut.

Kunyit

Kunyit merupakan rempah-rempah yang kaya akan vitamin C sehingga dapat berperan sebagai antibakteri dan antiperadangan alami. Senyawa xanthorrhizol yang didapatkan dari ekstrak metanol akar kunyit juga bersifat antibakteri sehingga dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab periodontitis (infeksi gusi). Jika ingin menggunakannya untuk mengobati sakit gigi berlubang, cukup haluskan kunyit dan campurkan dengan sedikit air. Oleskan kunyit yang telah halus tersebut pada bagian gigi yang berlubang dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu, bersihkan rongga mulut dan berkumurlah dengan air hangat.

Bawang Putih

Bawang putih juga direkomendasikan sebagai obat sakit gigi berlubang karena mengandung senyawa antibakteri alami. Selain untuk mengobati sakit gigi berlubang, bawang putih juga diketahui dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi secara keseluruhan. Berikut adalah langkah-langkah dan cara menggunakan bawang putih untuk mengobati sakit berlubang:

  1. Haluskan 2–3 siung bawang putih dan campurkan dengan ¼ sendok teh garam.
  2. Oleskan campuran tersebut pada gigi yang berlubang dan biarkan selama kurang lebih 10 menit.
  3. Lalu, berkumurlah menggunakan air garam untuk membersihkan rongga mulut.

Akar Manis (Licorice)

Akar manis atau licorice merupakan bahan alami yang mengandung senyawa antibakteri, yaitu licoricidin dan licorisoflavan A, sehingga dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Obat alami ini dapat digunakan dengan melarutkan satu sendok teh bubuk akar manis ke dalam segelas air hangat. Lalu, berkumurlah dengan larutan akar manis tersebut sebanyak 4–5 kali sehari untuk mengurangi rasa nyeri karena gigi berlubang.

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang secara Medis

Sebagai upaya mengatasi sakit gigi berlubang secara optimal, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter guna memperoleh tindakan medis yang tepat. Umumnya, dokter akan meresepkan obat-obatan serta melakukan tindakan medis tertentu untuk menangani gigi berlubang. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Pemberian Obat-obatan

Cara mengobati sakit gigi berlubang secara medis yang pertama adalah dengan menggunakan obat-obatan. Adapun beberapa jenis obat sakit gigi berlubang yang umum https://www.tirtapulauseribu.com/ digunakan adalah sebagai berikut: Asam mefenamat yang bekerja dengan menghambat produksi hormon prostaglandin untuk meredakan peradangan dan nyeri pada gigi berlubang. Ibuprofen untuk mengurangi peradangan dan rasa nyeri karena gigi berlubang. Parasetamol untuk membantu meredakan rasa nyeri. Namun, berbeda dengan asam mefenamat dan ibuprofen, parasetamol tidak dapat meredakan peradangan atau pembengkakan pada gusi yang kerap menyertai sakit gigi berlubang. Antibiotik, seperti metronidazole, penicillin, atau amoxicillin, untuk menangani infeksi yang disebabkan oleh gigi berlubang.

2. Tindakan Medis oleh Dokter

Selain konsumsi obat-obatan, dokter juga dapat menangani gigi berlubang melalui sejumlah tindakan medis, seperti perawatan fluoride, tambal gigi, perawatan saluran akar gigi, penggunaan crown gigi, hingga cabut gigi. Tindakan ini biasanya akan disesuaikan dengan kondisi pasien dan tingkat keparahan gigi berlubang. Itu dia sejumlah rekomendasi obat sakit gigi berlubang baik secara alami maupun medis yang dapat digunakan. Namun, jika Anda mengeluhkan rasa nyeri karena gigi berlubang yang tidak tertahankan, segera kunjungi Siloam Hospitals terdekat untuk memperoleh penanganan yang tepat dari dokter kami. Anda dapat menemukan informasi mengenai jadwal serta membuat janji temu dengan dokter secara praktis menggunakan fitur Cari Dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *