Tentang Pulau Seribu keindahan alam dan dasar lautnya membuat orang yang menikmatinya takjub pesonanya sungguh luarbiasa. Di pulau seribu terdapat banyak gugusan p.kecinl namun cantik disertai dengan lautan yang luas, tenang dan bening sebening kaca. Kepulauan seribu terdapat di utara kota jakarta dan tidak begitu jauh sehingga cocok buat mengisi kegaitan liburan anda. Jaman sekaran sudah tidak musti liburan jauh kalau hannya sekedar menikmati keindahan alam dan bawah laut di p.seribu. Kini sudah bannyak p.berpenduduk yang letaknya sangat dekat dari kota jakarta menjadi tempat wisata. Yang sangat di gemari seperti p.pramuka, untung jawa, harapan, pari, tidung, dan p.payung.

Nama dari pulau seribu bukan berarti pulaunya sebanyak seribu. Karena pada jaman dahulu tidak ada kapal secangi jaman kita ini sehinga orang dulu menghitungnya dengaan kata borongan. Dikarna banyaknya pulau di kepulauan seribu ini, pulau yang terdapat di kep.seribu. Hanya sekitar 110 pulau yang terdiri dari p.kecil dan besar jumlah ini belum begitu akurat. Dikarnakan masih banyak pulau yang tidak di tempati dan sebagian tengelam. Kepulauan seribu termasuk kota administrasi diman satu pulau menjadi tempat atau pusat pemerintahan yaitu p.pramuka.

keindaha p.seribu kini tidak perluh di pertanyakan lagi hal itu bisa dilihat dari bayaknya wisatawan yang mengunjunginya. Beberapa p.berpenduduk untuk menikmati keindahan alam bawah laut di kep.seribu.

Peraturan Yang Mengatur Tentang Pulau Seribu Yang Indah, Cantik Serta Memiliki Daya Tarik Luar Biasa

PERDA (peraturan daerah) maupun peraturan sebaga berikut:

  1. pada tanggal 30 maret 1962 dikeluarkannya PERDA ( peraturan daerah). Pelarangan pengambilan batu karang dan kerikil kerikil karang diwilaya lautan pualu 1000.
  2. tentang pengamanan penggunaan tanah di kep.seribu Keputusan Gubernur/Kepala Daerah khusus Ibukota Jakarta Nomor Ib.3/3/26/1969 dikeluarkan 3 Desember 1969.
  3. pencaharian (propesi) nelayn diatur dalam keputusan gubernur nomor Ca.19/1/44/1970 bertanggal 6 november 1970.
  4. Ea.6/1/36/1970 tanggal 31 Desember 1970 Keputusan Gubernur tentang Larangan Penangkapan Ikan dengan Mempergunakan Alat Bagan di Lautan/Perairan Dalam Wilayah Daerah Ibukota Jakarta.
  5. ketentuan dan persyaratan tentang perijinan dituangkan nomor Da.11/24/44/1972.
  6. Pengelolaan Tentang Pulau Seribu Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 1992.

peraturan pusat antara lain:

yang menunjukkan wilayah seluas 108.000 hektare kepulauan seribu sebagai Cagar Alam dengan nama cagar alam laut pulau seribu Keputusan Menteri Pertanian Nomor 527/Kpts/Um/7/1982 tanggal 21 Juli 1982.

Fungsi Cagar Alam Laut Kepulauan Seribu Seluas 108 ha menjadi Taman Nasional Laut Ab 162/Kpts-11/95 SK mentri

 Seluas +/- 108.000 (Seratus Delapan Ribu) hektar Menteri Kehutanan mengambil keputusan Nomor 162/Kpts-II/1995 tanggal 21 Maret 1995 tentang Perubahan Fungsi Tentang Pulau Seribu cagar Alam lautnya Kep.seribu terletak di Kotamadya Daerah Tingkat II Jakarta Utara  menjadi taman nasional laut Kep.seribu.

Ekosistem Tentang Pulau Seribu dan perairan laut dangkal menjadi taman nasional laut kepulauan seribu, yang terdiri dari gugus kepulauan dengan 78 pulau sangat kecil, 86 gosong pulau dan hamparan laut dangkal pasir karang sekitar 2.136 hektare (reef flat 1.994 ha, laguna 119 ha, selat 18 ha dan teluk 5 ha), terumbu karang tipe fringing reef, mangrove, dan kedalaman laut dangkal kira-kira 20–40 m.tiga ekosistem utama pembentuk proses ekologis kawasan TNKpS, yakni : hutan pantai, hutan mangrove, padang lamun dan terumbu karang baik secara segera maupun tidak segera tiga ekosistem secara ekologis selanjutnya merupakan penyangga alami bagi pulau seribu.

Pada waktu pakai perbani (neep tide) kelajuan arus terhitung sebesar 4 – 30 cm/dt dengan arah banyak variasi antara 16 – 350°.°.result pengamatan yang ditunaikan oleh Seawatch – BPPT di P. Kelapa pada bulan Nopember serta Desember 1998 menuliskan kelajuan arus pada kisaran 0,6 cm/dt sampai 77,3 cm/dt dengan kebiasaannya kelajuan sebesar 23,6 cm/dt dengan dominasi arah arus ke arah Timur – Timur Laut inilah Tentang Pulau Seribu cuacanya.

Fauna

Kawasan TNKpS Tentang pulau Seribu diantaranya wilayah perairan Laut Jawa di area utara Teluk Jakarta. SDA khas yaitu keindahan alam laut denganEkosistem Karang yang unik di Taman Nasional. kapasitas Kepulauan Seribu buat pengembangan budidaya perikanan laut seluas 904,17 ha, di antaranya 622,49 ha (66%) dalam kawasan TNKpS. Keaslian panorama alam , kunikan ekosistem tak ada permasalahan alam yang berbahaya ini berdasarkan kepariwisataan, orang per hari, di antaranya 795,38 ha serta 1699. Orang per hari (73%) ialah kapasitas dalam kawasan.

Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu Ekosistem terumbu karang di perairan Kep.seribu terhadap lazimnya berupa fringing reef (karang tepian) dengan kedalaman 1 – 20 meter. Bentukan terumbu karang seperti ini secara tak sanggup mengurangi deburan ombak yang menyingkirkan daerah pantai di Kep.Seribu yang diantaranya dalam kategori pulau terlampau kecil.

Individu ikan/ha, perairan Zona Pemanfaatan Wisata sebesar 49600. individu ikan/ha, serta perairan Zona Permukiman sebesar 32280. individu ikan/ha. Sementara jenis ikan buat konsumsi antara lain ialah baronang (Siganus sp),. tenggiri (Scomberomorus sp),. ekor kuning (Caesio spp),. kerapu (Famili Serranidae) serta tongkol (Eutynus sp) Moluska (binatang lunak) Tentang Pulau Seribu mantapkan ikannya.

Camar (Sterna sp). serta cikalang (Fregata spp)  adalah jenis Burung-burung diciptakan di Kepulauan Seribu, Kawasan TNKpS merupakan habitat bagi penyu sisik (Eretmochelys imbricata) dilindungi, serta keberadaannya lebih memilih makin kurang inilah fakta  Tentang Pulau Seribu 

Flora

Tentang Pulau Seribu floranya, yaitu Pulau Penjaliran Barat, Penjaliran Timur, Jagung, Sebaru Besar, Puteri Barat, Pemagaran, Melintang, Saktu, Harapan, Kelapa, Tongkeng  adalah Ekosistem mangrove asli dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu. Avicennia marina (Forssk). Vierh, Bruguiera gymnorrhiza (L). Bruguiera cylindrica (L). Blume, Ceriops tagal CB. Rob, Rhizophora stylosa Griff,. Rhizophora apiculata Blume,. Sonneratia alba J. Sm,. Sonneratia caseolaris (L). Engel. Lumnitzera racemosa Willd,. Xylocarpus granatum Koen,. Xylocarpus molluccensis (Lam). M. Roem,. Xylocarpus rumphii (Kostel). Mabb,. Aegiceras corniculatum L. Blanco, Pemphis acidulata J. R. Forst.

Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat

Pendidikan

Report Penyelenggaraan Pemerintah Wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Tentang Pulau Seribu pada bulan Maret tahun 2010, menyiratkan jikalau status pendidikan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Seribu relatif rendah yaitu 46,33% merupakan lulusan SD. Perihal ini mengindikasikan jikalau asal pati daya manusia masih memprihatinkan, sehingga butuh pertumbuhan serta pandangan yang cukup penting. Rendahnya pendidikan ini berhubungan dengan mata pencaharian warga yang beberapa besar ialah nelayan Dari paparan warga tersebut bisa dijelaskan dari dua sudut, pertama terkandung warga yang telah mengikuti pendidikan terhadap beragam tingkatan, kedua terkandung sebanyak warga yang tak menangani pendidikannya hingga Sekolah basis.

Kelebiahn Dan Kekurangan Tentang Pulau Seribu

Sebagai salah satu Kabupaten Administratif dari DKI, Kepulauan Seribu mempunyai sisi positif serta juga negatif. Segi positif yang dimiliki ialah sebagai kawasan urban yang dekat dengan ibukota negara, tersebutkan Kabupaten Administratif mempunyai masyarakat dengan corak yang berbagai suku mulai dari Betawi, Bugis hingga Jawa. Wilayah ini juga memiliki keuntungan dari akses yang relatif mudah, sehingga mengakibatkan mobilitas warga dari pulau ke daratan (Jakarta) cukup tinggi. Arus wisatawan (baik asing ataupun lokal) juga cukup tinggi, didukung dengan sarana serta prasarana yang memadai.

Tentang Pulau Seribu kegiatan wisatawannya yang merusak, tumpang tindih program serta kebijakan antar lembaga serta instansi, dan tingginya pertambahan hitungan warga dampak perpindahan warga dari daratan ataupun tingginya angka kelahiran serta tak ada relokasi warga pasal seluruh pulau sudah di miliki oleh perorangan ataupun swasta. didasarkan data statistik (2009) hitungan warga Kabupaten Kep.seribu sejumlah 22705. jiwa, dengan luas wilayah 8,70 km2, bermakna kepadatan penduduknya 2610. jiwa/km2. p.panggang mempunyai kepadatan warga tertinggi dengan 9193. jiwa/km2.

Pariwisata

Kawasan ini memiliki peluang pengembangan yang baik. Sejalan bersama dengan pernyebaran kota-kota besar, tersebutkan semakin banyak orang yang inginkan kembali ke alam. Panorama laut di wilayah ini jadi daya tarik alamiah bagi wisatawan.  Panorama layaknya terhadap saat matahari terbit serta matahari terbenam menjadi daya tarik tersendiri. Restoran serta pondok-pondok inap oleh pihak swasta. Tentang Pulau Seribu  hitungan pulau yang wilayah perairannya Berposisi di kawasan TNKpS berjumlah 76 buah di mana dari hitungan tersebut, terhitung 20 buah yang sudah dimantapkan sebagai pulau wisata, 6 buah pulau yang dihuni warga serta sisanya dikuasai perorangan atau tubuh usaha Dinamika kehidupan masyarakat setempat sebagai masyarakat bahari sebenarnya bisa menjadi daya tarik wisata. aktivitas masyarakat sebagai nelayan bisa menjadi daya tarik tersendiri, teruntukkan di pulau permukiman.

Demikian Informasi Tentang Pulau Seribu Yang Indah, Serta Memiliki Daya Tarik Luar Biasa Dari Tirta Pulau Seribu

Pilih Paket Wisata

Bagikan Ini :
WhatsApp chat WhatsApp us