Pulau Pramuka adalah salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang menyuguhkan alam bawah laut yang mempesona. Maka tak heran jika banyak wisatawan yang datang ke Pulau Pramuka untuk snorkeling. Dengan snorkeling, anda bisa melihat keindahan terumbu karang dan beragam aktivitas biota laut seperti halnya ikan dan binatang laut lainnya. Tentu saja snorkeling di Pulau Pramuka tak boleh dilewatkan untuk anda yang akan berwisata ke Pulau Pramuka.

Mengenai keamanan, kegiatan snorkeling terbukti sangatlah aman. Walaupun snorkeling itu termasuk aktifitas aman, akan tetapi anda tetap harus berhati-hati. Selain itu, anda juga harus melakukan persiapan sejak dari rumah. Persiapan tersebut meliputi persiapan fisik. Pastikan kondisi fisik anda benar-benar prima supaya kegiatan snorkeling anda semakin menyenangkan. Sementara untuk persiapan peralatan snorkeling, anda tak perlu khawatir. Di kawasan Pulau Pramuka sudah ada tempat persewaan alat snorkeling.

Lokasi Pulau Pramuka

Wisata Pulau Pramuka berlokasi di Kelurahan Pulau Panggang, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta. Pulau Pramuka ini berdekatan dengan beragam pulau cantik lainnya di kawasan Kepulauan Seribu. Dengan begitu, lokasi Pulau Pramuka cukup mudah ditemukan. Di kawasan Pulau Pramuka ini, anda bisa menjumpai deretan pantai menarik, tempat pelelangan ikan, dan hutan bakau yang membuat suasananya menjadi asri.

Snorkeling di Pulau Pramuka

Untuk anda yang suka kegiatan snorkeling, Pulau Pramuka ini jangan sampai anda lewatkan. Air laut di kawasan Pulau Pramuka ini sangatlah jernih. Visibilitas air yang tinggi membuat anda bisa melihat beragam biota laut secara jelas. Anda hanya perlu melihat alam bawah laut Pulau Pramuka tersebut dan jangan merusaknya. Terumbu karang Pulau Pramuka harus tetap dijaga kelestariannya supaya ekosistem laut terjaga. Anda tak boleh mengambil ataupun merusak terumbu karang.

Saat anda melakukan snorkeling, pastikan alat google (kacamata) dan snorkle tidak kemasukan air. Mengenai permasalahan ini, anda tak perlu khawatir. Anda akan dipandu dan dibantu oleh guide untuk mengatasi masalah tersebut. Hal ini dikarenakan jika anda tidak terbisa, maka anda akan merasa kesulitan ataupun menjatuhkan alat snorkeling ke dasar laut. Dengan anda memperhatikan hal tersebut, maka kegiatan snorkeling yang anda lakukan akan berjalan lancar.

Tips Sebelum Melakukan Snorkeling

Meskipun santai, kegiatan Snorkeling di Pulau Pramuka tetap akan menghabiskan energi anda. Mengingat kegiatan snorkeling dilakukan ketika matahari terik. Maka dari itu, sebaiknya anda mempersiapkan perbekalan makanan dan minuman secukupnya untuk menghindari kelaparan ataupun kehausan saat berada di tengah laut. Makanan ini juga bisa mengisi perut anda apabila anda mabuk laut dan muntah.

Apabila anda mabuk laut, sebaiknya anda meminum obat anti mabuk. Hal ini dikarenakan kegiatan snorkeling akan berpindah-pindah spot dengan menggunakan perahu wisata. Seringkali untuk wisatawan yang sensitif akan goyangan menjadi mudah mabuk saat berada di tengah laut. Selain itu, pastikan anda melakukan pemanasan sebelum melakukan kegiatan snorkeling. Dengan pemanasan, anda bisa menghindari kram. Hal ini dikarenakan anda akan banyak bergerak menggunakan tangan dan kaki saat berenang.

Ketika masuk ke dalam air, anda tetap harus tenang. Hal ini dikarenakan anda akan mengapung apabila menggunakan jaket pelampung. Sebenarnya anda juga bisa berdekatan dengan guide. Dengan begitu, anda tetap bisa merasa tenang. Selain itu, pastikan anda untuk tidak berenang terlalu jauh dari wilayah snorkeling. Hal ini dikarenakan arus bisa membawa anda pergi jauh.

Ini menjadi referensi anda untuk snorkeling di pulau pramuka.

Pilih Paket Wisata

Bagikan Ini :
WhatsApp chat WhatsApp us