Pulau Pramuka pernah menjadi salah satu pesona wisata yang sangatlah menarik di Kepulauan Seribu. Dimana sebelum wisata penduduk mulai mebanjiri pulau ini, wisatawan datang ke pulau ini untuk menikmati kegiatan Water Sport seperti Memancing dan Diving,  Selain dikenal para pengunjung akan pesona yang dimilikinya, sejarah Pulau Pramuka juga sudah banyak dikenal oleh wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Pulau yang memiliki keindahan yang luar biasa ini juga sudah menarik perhatian wisatawan yang berasal dari luar negeri.

Pulau ini juga sebagai pusat administrasi serta pemerintahan Kepulauan Seribu. Untuk menuju ke wisata Pulau Pramuka, para pengunjung menggunakan kapal yang berangkat dari pelabuhan Muara Angke. Pulau Pramuka ini juga dijadikan sebagai tempat tujuan wisata, fasilitas dan sarana di Pulau Pramuka juga telah banyak dibangun dan lebih lengkap apabila dibandingkan dengan pulau-pulau lain yang letaknya berada di gugusan kepulauan Seribu.

Sejarah Pulau Pramuka dan Perkembangannya

Dahulunya Pulau Pramuka ini kerap dijuluki dengan nama Pulau Elang oleh penduduk setempat. Nama itu merupakan nama Pulau Pramuka ketika jaman orde lama. Sejarah Pulau Pramuka yang diberi nama pulau Elang ini yaitu konon menurut para tetua pulau karena di pulau ini dulunya terdapat banyak sekali burung elang bondol sampai tahun 1980-an. Banyak penduduk sekitar yang meyakini jika burung elang bondol itu selanjutnya dijadikan sebagai lambang dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta hingga saat ini. Namun elang-elang tersebut keberadaannya terus berkurang seiring dengan pembersihan pulau untuk dijadikan sebagai perkampungan.

Ada juga yang mengatakan jika nama Pramuka sendiri dulu diambil dari kegiatan kepramukaan yang dulu terdapat di pulau ini. Dahulunya kurang lebih sekitar pada tahun 1950 hingga tahun1970-an sebelum ada Bumi Perkemahan di Jakarta, pihak kepramukaan katanya telah mengirim para anggotanya untuk melakukan pelatihan kepramukaan di pulau ini. Maka dari itu pulau ini dikenal dlanjutnya engan nama Pulau Pramuka.

Sebagian besar penduduk yang ada di Pulau Pramuka ini berasal dari Etnis Betawi, Etnis Banten, Etnis Bugis, dan Etnis Madura. Selanjutnya sebagian besarnya memeluk agama Islam dan sebagian kecil lainnya memeluk agama katolik. Mata pencarian penduduk yang berada di Pulau Pramuka saat ini juga telah berubah dan beraneka macam.

Dari sejarah Pulau Pramuka ini bisa diketahui bahwa dulu penduduk pulau ini banyak yang menjadi nelayan.  Akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman, sarana dan prasarana yang ada di pulau, serta peralihan fungsi pulau ini sudah semakin lengkap. Yang mana sebagian menjadi tempat untuk tujuan wisata, ynag kemudian membuat mata pencarian penduduk pulau menjadi banyak sekali.

Lokasi Pulau Pramuka

Wilayah administrasi Pulau Pramuka berada di kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Pulau yang tidak begitu luas ini dihuni oleh penduduk nya adalah yang mayoritasmuslim. Pulau ini juga juga merupakan pulau yang padat dengan populasi penduduknya yang mencapai 1.004 jiwa.

Daya Tarik Pulau Pramuka

Sejarah Pulau Pramuka di wisata pulau memiliki  daya tarik tersendiri yaitu pantai yang sangat indah yang dilengkapi dengan pasir pantai yang membentang disepanjang pesisir pantai. Pantai di kawasan wisata Pulau Pramuka juga memiliki ombak yang tenang.  Keindahan pantai Pulau Pramuka tak hanya pada bagian pantainya saja, namun juga ada di taman bawah lautnya juga. Anda bisa menyelam untuk menikmati keindahannya. Dengan begitu anda bisa melihat terumbu karang dan ikan kecil warna warni yang membuat pemandangan taman bawah laut  Pulau Pramuka semakin mempesona.

Keindahan Sejarah Pulau Pramuka dan Pesona Yang Ada Di Dalamnya

Pilih Paket Wisata

Bagikan Ini :
WhatsApp chat WhatsApp us