Pulau Tidung review merupakan salah satu pulau yang termasuk deretan pulau di Kepulauan Seribu, Jakarta. Pulau ini merupakan salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang sudah menjadi favorit bagi para wisatawan sebagai tempat berlibur yang nyaman, alami, dan mempesona.

Pulau ini termasuk wilayah Kelurahan Pulau Tidung, kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia dan terdiri atas dua pulau yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Kedua pulau ini dihubungkan oleh jembatan kayu sepanjang sekitar 600 meter yang dinamai dengan Jembatan Cinta. Jembatan Cinta ini juga menjadi wahana tersendiri bagi wisatawan untuk menguji adrenalin, di mana para wisatawan sering melompat dari jembatan ini yang tingginya sekitar 5 – 6 meter.

Pengembangan Pulau Tidung review lebih mengarah kepada pengembangan wisata bahari seperti snorkeling dan diving, serta penelitian terkait terumbu karang yang beraneka ragam. Kelestarian alam di Pulau Tidung sangatlah dijaga agar tetap dapat menyajikan ekosistem pulau dan laut yang alami dan tidak rusak oleh ulah tangan manusia. Penjagaan kelestarian alam tidak hanya dilakukan di Pulau Tidung saja, melainkan juga dengan pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu, khususnya yang dijadikan sebagai destinasi wisata baru.

Untuk dapat mencapai Pulau Tidung, wisatawan dapat melakukan perjalanan dengan kapal selama kurang lebih 3 jam. Namun, saat ini terdapat sarana baru yang disediakan oleh PT. Pelni yang menyediakan alternatif transportasi KM Ekspress Bahari yang dapat mempercepat perjalanan hingga hanya selama 1 jam perjalanan.

Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Pulau Tidung Review antara lain adalah:

  • Berkeliling Menggunakan Sepeda

Di Pulau Tidung ini, wisatawan dapat menikmati indahnya pulau dan pantai pasir putih dengan berkeliling menggunakan sepeda. Untuk bisa berkeliling mengunakan sepeda, para wisatawan perlu menyewa sepeda terlebih dahulu. Tetapi tenang saja, di pulau ini banyak sekali tempat penyewaan sepeda. Untuk menyewa satu sepeda, wisatawan dapat menyewanya dengan harga Rp 25.000 per hari. Dengan 25.000 saja, wisatawan dapat memuaskan diri dengan bersepeda di pesisir pantai sambil menghirup udara segar dan menikmati keindahan Pulau Tidung.

  • Snorkeling

Pulau Tidung Review juga terkenal dengan terumbu karang dan biota lautnya yang beraneka ragam dan menawan, sehingga di pulau ini banyak wisatawan yang melakukan aktivitas snorkeling. Bagi wisatawan yang ingin melakukan snorkeling dapat menyewa peralatan snorkeling lengkap dengan biaya sewa 25.000 per hari, jadi bisa digunakan sampai puas. Sedangkan untuk lokasi snorkeling, berada di sekitar Jembatan Cinta, di perairan yang tenang dan dangkal. Pada spot ini, terdapat terumbu karang dan biota laut yang beraneka ragam, sehingga sangat pas untuk snorkeling.

  • Keliling Pulau Tidung Besar dan Kecil

Wilayah Pulau Tidung terbagi 2 bagian, yakni Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil, di mana keduanya dihubungkan oleh jembatan kayu yang dinamakan Jembatan Cinta. Pulau Tidung Besar, merupakan pulau kecil di Kepulauan Seribu yang sudah banyak didirikan pemukiman warga, sedangkan Pulau Tidung Kecil masih belum didirikan pemukiman. Pulau ini masih sangat alami ditamabah dengan hutan mangrove yang tumbuh alami di Pulau Tidung.

Demikian sedikit Pulau Tidung review yang ada di Kepulauan Seribu. Semoga meskipun tergolong destinasi wisata baru, Pulau Tidung beserta pulau lainnya dapat menjadi destinasi wisata yang berkualitas, dan tentunya tetap mempertahankan kelestarian lingkungannya yang masih alami. Semoga bermanfaat.

Sekian Pulau Tidung Review dari kami.

Pilih Paket Wisata
Bagikan Ini :
WhatsApp chat WhatsApp us