Pulau Tidung adalah salah satu pulau dari rentetan pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Pulau ini telah menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berlibur di Kepulauan Seribu karena keindahan alamnya Pemandangan Pulau Tidung mempesona. Kekayaan alam yang masih alami dan lestari menjadi magnet tersendiri bagi wistawan baik dari dalam negeri maupun wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke pulau ini.

Pulau Wisata Terpopuler ini salah satu kelurahan dari Kecamatan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Pulau Tidung terbagi atas dua pulau, yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil, yang dihubungkan oleh sebuah jembatan sepanjang 60 meter yang dinamai dengan Jembatan Cinta. Bagi wisatawan yang ingin berlibur di Pulau Tidung dapat menempuh perjalanan selama kurang lebih 3 jam dari Muara Angke menggunakan kapal penumpang.

Pemandangan Pulau Tidung yang begitu mempesona, mulai dari Jembatan Cinta, pantai pasir putih dengan air biru yang jernih, hutan mangrove, serta pemandangan alam bawah laut yang mempesona.

Pemandangan Pulau Tidung Sangat Unik

Jembatan Cinta yang merupakan penghubung Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil memiliki bentuk yang unik. Pada bagian awal, jembatan dibuat lebih tinggi, naik sekitar 9 anak tangga, kemudian turun lagi membentuk parabola sepanjang 10 meter setelah itu lurus rendah hingga mencapai Pulau Tidung Kecil. Bentuk jembatan yang unik di atas air laut yang biru jernih menampakkan pesona tersendiri dari Pulau Tidung.

Di atas jembatan ini, wisatawan juga sering menguji adrenalin dengan melompat dari atas jembatan ke lautan. Anak-anak warga setempat juga sering berenang sambil memperagakan loncat indah dari atas jembatan. Atraksi yang dilakukan oleh anak-anak ini juga menjadi hiburan tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung di Pulau Tidung.

Pulau Tidung merupakan pulau wisata andalan Kepulauan Seribu yang memiliki fasilitas umum yang paling lengkap dibandingkan dengan pulau-pulau lain di Kabupaten ini. Pulau Tidung juga menjadi pusat pemerintahan wilayah administrasi Kepulauan Seribu. Namun, berbeda dengan Pulau Tidung Kecil, di mana pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenghuni dan dijadikan sebagai kawasan pengembang biakan mangrove.

Panorama Pulau Tidung

Panorama Pemandangan Pulau Tidung menyajikan alam yang sungguh mempesona, air lautnya bening berwarna kebiru-biruan, serta hamparan pasir putih lembut yang menambah keindahan pulau ini. Perairannya juga menyimpan kekayaan alam yang luar biasa. Terumbu karang serta biota lautnya sangat beraneka ragam. Wisatawan yang ingin menikmati keindahan pemandangan pulau Tidung di bawah laut dapat menyewa perlengkapan diving atau snorkeling yang disediakan di persewaan di sekitar pantai.

Selain kawasan terumbu karang, Pulau Tidung juga menjadi kawasan penangkaran penyu yang langka, yaitu penyu sisik. Penyu Sisik adalah salah satu hewan langka yang dilindungi, sehingga wilayah Kepulauan Seribu menjadi kawasan konservasi biota laut yang dilindungi.

Pengembangan yang dilakukan di Pulau Tidung juga diarahkan ke wisata bahari yang konservatif, sehingga tempat ini dikembangkan sebagai destinasi wisata yang tetap menjaga kelestarian alam dan biota-biota yang ada di dalamnya.

Harapannya adalah Pulau Tidung dapat menjadi destinasi wisata yang berkualitas dan terkenal baik di wilayah lokal hingga mancanegara. Selain itu, diharapkan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Tidung dapat bersama-sama menjaga kelestarian alam, sehingga kekayaan alam yang ada seperti terumbu karang, pantai yang jernih dan bersih, hutan mangrove, penyu sisik dapat terus lestari dan tidak rusak oleh ulah tangan manusia.

Sekian Review Pemandangan Pulau Tidung.

Pilih Paket Wisata

Bagikan Ini :
WhatsApp chat WhatsApp us