Oleh-oleh pulau pramuka  – Jika anda berkunjung ke pulau pramuka wisata bahari bukan satu-satunya kenangan untuk dapat di bawa setelah berkunjung. Wisata kuliner merupakan hidangan yang dapat kalian jadikan pelengkap sebagai buah tangan dan sajian pelengkap liburan anda selama di pulau. Beragam kuliner dengan sejuta rasa setiap daerah menjadikan pengetahuan lain yang patut anda nikmati tentunya ketika berada di p pramuka kepulauan seribu.

Menelisik sajian ciri khas pada bahan dasar ikan untuk di sajikan di dalam wisata kuliner dan apa kah sama dengan daratan jakarta atau daerah lain…? berikut beberapa ulasanya :

Oleh-Oleh Pulau Pramuka Bahan dasar Ikan

Puk Cue Atau Empek-empek

Sajian kuliner sebagai oleh-oleh pertama yaitu Puk Cue. Bisa di katakan Empek – Empek Pulau seribu, karna Memiliki bahan dasar Ikan dan bahan-bahan yang hampir sama namun rasa dari Puk Cue sangat bebeda dan terasa lebih nikmat. Dengan komposisi Daging Ikan, Tepung Sagu, Air, serta Bumbu-bumbu. Di buat adonan mentah menjadi glondongan dengan panjang 20-30 cm atau di bentuk seperti bola-bola dan di kukus selama 30 – 50 menit.

Setelah di kukus puk cue sudah dapat di hidangkan dengan olahan sambal kacang. Dengan komposisi kacang tanah, cabai, jeruk lemo, dan air. Namun jika anda ingin menikmati sensasi lain dari puk cue setelah proses pengukusan dapat di goreng lagi selama 3-5 menit. Untuk tambahan biasanya dapat di padukan dengan bihun goreng sebagai pelengkap agar lebih kenyang.

Sajian ini biasa di hidangkan siang hari sebagai cemilan oleh masyarakat setempat. Jadi bisa kalian coba jika mampir kepulau pramuka di kelurahan pulau panggang, dan menikmati Gurih dan Pedasnya puk cue atau empek – empek pulau seribu dengan rasa ikan yang benar benar terasa menggugah selara.

Pastel isi Ikan

Jajanan dan oleh-oleh pulau pramuka selanjutnya yaitu pastel dan lemper isi ikan. Beberapa daerah juga dapat dengan di temukan makanan satu ini. Namun dalam ciri khasnya orang pulo ini sendiri berbeda dari sebelumnya. Di dalam pastel dan lemper biasa berisi bihun dan sayuran sedangkan pastel di pulau seribu berisi dengan ikan-ikan laut sayuran dan kentang. Ikan yang di gunakan seperti ikan tenggiri, ikan tongkol, dll. Rasanya juga gurih. Sajian ini bisa anda bawa ketika penyambutan kedatangan di dermaga pulau pramuka. Dan dapat di pesan untuk anda ke tika balik ke rumah nanti.

Sate Gepuk

Sate gepuk menjadi primadona santapan masyarakat pulau seribu, Memiliki tampilannya seperti pepesan ikan namun dengan komposisi bahan dasar daging ikan yang di telah haluskan, Parutan kelapa (Sangrai), Bumbu-bumbu dan air, campuran bahan yang di aduk menjadi satu dan di bungkus dengan daun pisang di panggang dengan panas yang sedang.

Awal mula sate gepuk banyak di gemari karna seseorang Ibu yang bernama “Euce”. Mencoba memulai membuat pengelolaan memasak ikan menggunakan bahan campuran sangrai kelapa untuk di sajikan makan siang keluarga. Karna wanginnya bau kelapa sangrai dan daun pisang bakar maka para tetangga penasaran masakan ibu euce tersebut. Setelah matang mereka mencoba sate itu dan mereka sangat suka sejak itu secara perlahan para tetangga dan masyarakan juga ikut memulai memasak sate gepuk. Akhirnya menjadi makanan cirikhas pulau panggang dan dapat di jumpai di p pramuka.

Nama dari sate gepuk sendiri berawal dari cara pengelolaan bahan dasar ikan dengan mengunakan tumbukan untuk menghaluskan. Orang pulo lebih sering mengucapkannya dengan bahasa Gebuk/gepuk, setelah itu untuk pembungkusnya menggunakan daun pisang maka dari itu di ambil dengan nama Sate Gepuk. Sate Gepuk lebih nikmat dihidangkan pada saat baru matang di sajikan dengan nasi putih dan sayur bening.

Jika berminat Oleh-Oleh Pulau Pramuka silahkan datang langsung

Bagikan Ini :
WhatsApp chat WhatsApp us