Salah satu pulau yang menjadi daya tarik tersendiri di kepulauan seribu yaitu Pulau Tidung.  Letak Pulau Tidung ini berada di gugusan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Pulau ini juga menyimpan daya tarik dari mitos yang melekat mengenai cinta. Daya tarik yang ada pada kisah asmara itu terdapat di salah satu obyek wisata yang dikenal dengan sebutan Jembatan Cinta. Jembatan ini lokasinya berada di sisi barat Pulau Tidung.  Perlu diketahui, ternyata Jembatan Cinta ini adalah akses yang menghubungkan antara dua pulau yaitu Pulau Tidung Besar dan juga Pulau Tidung Kecil yang berpisah daratan. Yang mana memiliki panjang sekitar 800 meter. Jembatan unik dan melengkung ini dilengkapi pagar dengan cat warna merah muda. Tingginya mungkin kurang lebih 4 sampai dengan 5 meter. Kolong jembatan ini dapat  dilalui perahu maupun dengan speed boat kecil.

Di Pulau Tidung, banyak juga fasilitas penginapan dari warga masyarakat setempat (home stay). Tersedia juga bangunan yang khusus dibangun untuk dijadikan penginapan. Penginapan tersebut dibangun dengan polesan modern. Diantaranya berupa perumahan di kota. Banyak juga warga yang menjadikan rumahnya menjadi tempat penginapan. Ada juga sebagian yang berdiri di dekat pantai yang disertai dengan pemandangan pesisir laut. Harga yang ditawarkan juga cukup bervariasi, semuanya sesuai dengan keinginan anda. Untuk bisa menuju ke Jembatan Cinta, para wisatawan bisa memakai becak motor atau jasa penyewaan sepeda.  Mengenai harga, keduanya memang berbeda. Jika menggunakan becak motor, harganya sekitar Rp 35.000 sekali antar. Kemudian jika dengan sepeda, seharian cukup dengan Rp 10.000 saja.

 

Letak Pulau Tidung dalam Parawisata

Luas Pulau Tidung

Luas Pulau Tidung ini sebesar 107 hektar dan termasuk pulau yang terluas yang ada di Kepulauan Seribu. Letak Pulau Tidung ini juga ditetapkan sebagai pusat Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan yang memiliki sebanyak 3 kelurahan.

Pesona Pulau Tidung

Pulau Tidung merupakan  salah satu tempat terindah yang juga masih berada di Kepulauan Seribu. Tidak hanya menyediakan berbagai macam pemandangan yang eksotis, Pulau ini juga menyuguhkan keindahaan bawah laut yang pastinya tak kalah dengan pulau yang lainnya. Pesona keindahan dari wisata Pulau Tidung ini menjadikan para wisatawan menyebutnya menjadi keindahan yang bisa dinikmati di DKI Jakarta.

Selain itu anda juga bisa menikmati pemandangan berupa pengkaran hiu yang letaknya tidak jauh dari Letak Pulau Tidung, melainkan di Pulau Pramuka. Akan tetapi anda jangan khawatir, untuk dapat sampai ke tempat ini para wisatawan dapat memakai transportasi yang telah disediakan dan  hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja jika dari Pulau Tidung. Dengan mengunjungi ke pulau ini para wisatawan telah berpartisipasi untuk menjaga kelestarian populasi ikan hiu yang saat ini sudah dikatakan terancam punah.  Selain itu, di Penangkaran hiu ini para pengunjung juga bisa merasakan berenang dengan jarak dekat.

Tak hanya mempunyai keindahan berupa  hamparan pasir putih dan laut yang biru saja. Akan tetapi Pulau Tidung juga punya pesona Taman Bawah Laut yang tak kalah indah dari Pulau lain. Selain itu juga punya berbagai jenis ikan serta terumbu karang yang banyak jenisnya yang  membuat Taman Nasional Bawah Laut dapat menjadi daya Tarik tersendiri bagi para pecinta wisata bawah laut.  Letak Pulau Tidung yang ada di gugusan Kepulauan Seribu ini menjadikan para pengelola wisata Pulau Tidung menyiapkan peralatan untuk menyelam. Ketika para pengunjung menyelam, para wisatawan bisa dengan leluasa melihat berbagai ikan serta terumbu karang, sebab air yang disini terlihat sangat jernih.

Letak Pulau Tidung dan Pesona alamnya.

Pilih Paket Wisata

Bagikan Ini :
WhatsApp chat WhatsApp us