Pulau Pramuka adalah salah satu pulau yang bisa anda temukan di Kepulauan Seribu, Jakarta. Letak Pulau Pramuka yang agak tersembunyi tak menyurutkan wisatawan untuk mengunjunginya, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Daya tarik Pulau Pramuka ini juga bisa anda lihat dari pemandangannya. Pulau Pramuka memang menyuguhkan view alam yang sangat mempesona. View Pulau Pramuka mampu memanjakan para wisatawan yang ingin merilekskan pikiran dan tubuh.

Letak Pulau Pramuka

Pulau Pramuka yang berlokasi di Kepulauan Seribu ini memiliki luas 16 hektare. Letak Pulau Pramuka tepat di tengah-tengah Kepulauan Seribu. Lokasi Pulau Pramuka yang sangat strategis inilah yang membuat Pulau Pramuka terpilih sebagai pusat administrasi dan pemerintahan di Kepulaun Seribu. Meninjau letaknya, pulau ini dihalangi oleh banyak pulau lain terdekatnya, baik di depan maupun di belakangnya. Maka dari itu, Pulau Pramuka termasuk pulau yang tetap aman meski ada gelombang.

Untuk anda yang ingin menuju lokasi Pulau Pramuka, anda bisa mulai dari Muara Kamal, Muara Angke, maupun Pelabuhan Marina Ancol. Di Muara Angke, terdapat dua pelabuhan yang bisa anda gunakan, yakni pelabuhan lama dan pelabuhan baru (Kali Adem). Di pelabuhan lama Muara Angke, kapal yang ada ialah jenis kapal kayu. Kapal ini bisa digunakan setiap hari dengan jadwal keberangkatan jam 07.00 WIB. Tarif menaiki kapal kayu ini sebesar Rp. 50.000 per orang.

Untuk mengeksplor keindahan Pulau Pramuka, anda bisa menjelajahi pulau ini sepuasnya. Karena tidak terlalu luas, anda tidak akan merasa terlalu lelah saat menjelajahi Pulau Pramuka ini. Bahkan anda juga bisa menyewa sepeda untuk digunakan menjelajah pulau. Apabila anda menggunakan sepeda, anda bisa jelajah Pulau Pramuka hanya dalam kurun waktu sekitar 1 jam. Sementara sisa waktu liburan anda bisa digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan seru lainnya.

Daya Tarik Pulau Pramuka

Kawasan wisata Pulau Pramuka memiliki perairan yang cukup jernih. Letak Pulau Pramuka ini  menyajikan perairan dengan warna biru kehijauan yang terlihat sangat indah. Ada banyak gugusan terumbu karang yang menyuguhkan warna-warna yang indah serta berbagai jenis ikan. Untuk melihat keindahan alam bawah laut Pulau Pramuka secara jelas, anda bisa melakukan snorkeling. Selain snorkeling, anda sebenarnya juga bisa melakukan diving.

Di kawasan wisata Pulau Pramuka ini memang ada beberapa titik penyelaman dan snorkeling yang menarik untuk anda coba. Adapun salah satu spot tersebut adalah spot APL. Saat memilih spot ini, anda dapat menikmati indahnya berbagai jenis ikan hias yang cantik, terumbu karang, dan beragam biota laut lainnya. Selain spot APL, ada juga spot karang sempit. Dengan spot ini, anda bisa menemukan terumbu karang dengan ukuran yang besar. Terumbu karang besar ini tak akan anda jumpai di spot penyelaman dan snorkeling lainnya. Apalagi di pulau lainnya dalam kawasan Kepulauan Seribu.

Khusus untuk anda yang hobi memancing, anda dapat melakukannya di bagian depan Pulau Pramuka. Anda sebenarnya juga bisa menyewa kapal nelayan untuk digunakan menuju wilayah lain yang ada di sekitar Pulau Pramuka, khususnya yang banyak ikannya. Perlu untuk anda ketahui, letak Pulau Pramuka ini juga dijadikan sebagai tempat penangkaran penyu sisik. Seperti yang diketahui, penyu sisik termasuk salah satu hewan langka yang dilindungi. Maka dari itu, anda harus menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat penangkaran penyu sisik yang ada di Pulau Pramuka tersebut.

Letak Pulau Pramuka, Surga Tersembunyi di Kepulauan Seribu

Pilih Paket Wisata

Bagikan Ini :
WhatsApp WhatsApp us