Secara garis besar, wilayah Kepulauan Seribu terdiri atas dua bagian utama, yaitu Kepulauan Seribu Selatan dan Kepulauan Seribu Utara. explore kepulauan seribu Kedua bagian wilayah tersebut merupakan wilayah yang secara administrasi pada tingkat Kecamatan.

Kemudian, wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan terdiri atas tiga kelurahan. Tiga kelurahan tersebut yaitu, Kelurahan Pulau Pari, Kelurahan Pulau Tidung, dan Kelurahan Pulau Untung Jawa. Sedangkan, untuk wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, juga terdiri atas tiga kelurahan, yakni Kelurahan Pulau Harapan, Kelurahan Pulau Kelapa, dan Kelurahan Pulau Panggang.

Pada wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu juga terdapat sebuah wilayah yang digunakan untuk konservasi biota yang ada di sana. Wilayah konservasi ini merupakan taman nasional laut bernama Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu atau TNKS. Sebagian besar wilayah taman nasional ini adalah wilayah perairan, sehingga pengembangan wilayah kabupatennya pun lebih diarahkan pada pengembangan budidaya laut dan pariwisata. Dengan pengembangan wilayah seperti ini, wilayah ini dapat meningkatan perekonomian daerah sekaligus dapat menjaga lingkungan dan biotanya dengan sistem konservasi yang telah diterapkan. Diharapkan, kedua sektor ini, dapat menjadi dasar pembangunan masyarakat dan wilayah Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu.

Referensi Tempat Explore Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu terdiri dari ratusan pulau kecil yang baru sebagian kecil yang telah dihuni oleh masyarakat. Sebagian dari rentetan kepulauan yang ada juga telah dijadikan sebagai destinasi wisata yang dapat memanjakan para wisatawan. Beberapa pulau tujuan explore Kepulauan Seribu yang telah dikembangkan sebagai destinasi wisata antara lain adalah:

1. Pulau Tidung

Merupakan pulau terbesar dari rentetan pulau-pulau di Kepulauan Seribu, Jakarta. Pulau ini terdiri dari dua pulau kembar, yakni Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Kedua pulau ini juga dihubungkan oleh sebuah jembatan kayu yang sering digunakan sebagai wahana uji adrenalin bagi para pengunjung. Jembatan penghubung ini disebut dengan Jembatan Cinta.

2. Pulau Pramuka

Salah satu pulau yang berada di deretan pulau-pulau Kepulauan Seribu dengan luas sekitar 9 hektar. Pulau ini merupakan salah satu pulau berpenghuni yang telah dihuni oleh kurang lebih 1000 orang. Di pulau inilah administrasi pemerintahan daerah administrasi Kepulauan Seribu tingkat pusat berada. Fasilitas yang disediakan oleh pemerintah dan pengembang di pulau ini lebih lengkap bila dibandingkan dengan pulau di Kepulauan Seribu yang menjadi destinasi wisata.

3. Pulau Pari

Pulau Pari merupakan bagian dari Kepulaun Seribu yang ada di Ibu Kota Jakarta. Untuk menuju pulau ini, wisatawan dapat mengendarai kapal cepat dengan menempuh perjalanan selama 1 jam sampai dengan 1,5 jam dari Dermaga Marina, Ancol atau dari Pelabuhan Kaliadem, Muara Angke, Jakarta Utara. Pulau Pari ini relatif dekat dengan pulau-pulau kecil lainnya seperti Pulau Rambut, Tidung, dan Pulau Pramuka yang merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Kepulauan Seribu.

4. Pulau Pelangi

Destinasi wisata di Pulau Pelangi juga menjadi tempat explore Kepulauan Seribu dengan luas 12 hektare. Pulau ini bisa dicapai setelah melakukan perjalanan selama sekitar 90 menit dari Pantai Mutiara, Jakarta. Pantai ini juga menjadi tujuan utama bagi para wisatawan yang berburu keindahan bawah laut di Kepulauan Seribu.

5. Pulau Putri

Menjadi satu pulau resort di Explore Kepulauan Seribu, dan tidak dijadikan sebagai pemukiman warga. Untuk bisa sampai ke Pulau Putri, wisatawan dapat menaiki speed boat selama sekitar 90 menit. Lokasi pulau ini sangatlah stratrgis untuk menikmati pulau-pulau lain, di mana Pulau Putri berada di tengah-tengah Kepulauan Seribu. Hal ini lah yang menjadikan para wisatawan mengincar pulau ini untuk menikmati keindahan pulau dan lautan di Kepulauan Seribu.

Bagikan Ini :
WhatsApp chat WhatsApp us